4 Ide Desain Kamar Tidur Nyaman dari Kayu Jati

Ide desain kamar tidur, kamar tidur kadang kala mendapatkan perhatian paling sedikit dalam hal desain interior, padahal sepertiga kehidupan kita habiskan di sana. Kita sering kali menghabiskan banyak uang dan energi untuk mendekorasi area-area publik seperti dapur, ruang tamu atau ruang keluarga.

 

Seiring perkembangan zaman, konsep interior pun mengalami perekembangan. Gagasan untuk lebih banyak menggunakan sentuhan dekorasi kamar tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik mulai lebih diutamakan. Pastinya kamu ingin selalu bangun dalam keadaan segar di pagi hari sehingga bisa bersemangat untuk kembali beraktivitas. Untuk itu sangat penting mendapatkan waktu istirahat yang bukan hanya cukup, tapi juga berkualitas.

 

Dekorasi kamar tidur adalah salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kualitas istirahat kamu. Jika desain mebel terlalu meriah dan mengabaikan hal-hal fungsional yang ada kamu jadi tidak betah untuk beristirahat di kamar dan tidur pun jadi kurang nyenyak. Kamar tidur yang representatif juga bisa ikut andil dalam membuat istirahat semakin berkualitas.

 

Bagi kamu yang ingin memiliki kamar tidur yang hangat dan nyaman? Kamu bisa mencoba merenovasi kamar tidur dengan bahan dasar dari kayu oak. Salah satu jenis kayu yang banyak digunakan untuk membuat furnitur adalah kayu jati. Kayu jati banyak digunakan untuk furnitur rumah salah satunya mengisi kamar tidur. Kayu jati sangat cocok digunakan untuk furnitur di dalam kamar tidur karena kesan yang ditimbulkan dari jenis kayu ini ringan dan hangat.

 

Biasanya, ketika seseorang ingin membeli furnitur kamar tidur dari kayu jati, mereka akan langsung membeli set kamar tidur yang terdiri dari tempat tidur, meja nakas dan lemari, agar lebih mudah menyelaraskan warna dengan furnitur lainnya.

 

Berikut adalah beberapa ide desain kamar tidur dengan kayu jati yang bisa kamu coba:

 

  1. Kamar Tidur Minimalis Bergaya Nordic

Jika membicarakan gaya kontemporer, tentu saja tidak bisa lepas dari gaya Eropa Utara, gaya Nordic. Gaya ini sering dikenal sebagai gaya Skandinavia.

 

Gaya yang begitu digemari kaum urban ini, memang sangat berkarakter terutama jika kamu suka gaya minimalis. Gaya Nordic sangat ringkas, semuanya serba mendasar namun sangat fungsional.

 

Umumnya gaya ini sangat mementingkan kualitas bahan yang menambah karakter dan memberi keindahan sehingga kamu tidak perlu ribet karena masalah pemeliharaan jangka panjang.

 

Warna yang mendominasi gaya Nordic biasanya adalah warna putih yang kemudian disempurnakan dengan warna terang dan lembut seperti biru muda, coklat muda dan warna-warna pastel yang netral. Jangan lupa sentuhan elemen kain agar tetap terlihat hangat dan tidak kaku. Kamu bisa memilih karpet, tirai dan gorden atau hanya sekedar taplak atau kain dekorasi untuk mempercantik kamar tidurmu.

 

Kehadiran elemen kayu oak pada gaya Nordic menjadi salah satu faktor gaya ini tetap terlihat hangat. Elemen pada kayu biasanya tidak dominan dan bisa diaplikasikan pada lantai, langit-langit serta perabotannya. Warna coklat muda yang terang dan putih biasanya menjadi pilihan untuk menghadirkan elemen kayu.

 

  1. Kamar Kayu Gaya Modern

Gaya modern merupakan penolakan pada gaya desain Gothic, Renaissance dan Victoria yang cenderung mengaplikasikan tekstur, pahatan, furnish kayu dengan detil sempurna seperti ornamen bunga dan sulur-sulur tanaman.

 

Interior gaya modern memiliki karakter bersih dan lugas. Penggunaan material alami seperti kayu oak akan tampak menonjol. Kayu bisa memberi kesan mendominasi yang menyempitkan bagi kamar tidur, terutama jika penempatan atau gayanya tidak sesuai dengan ukuran ruangan. Sebaliknya bila penempatan kayu dilakukan dengan tepat, maka ruangan bisa tampak segar dan ringan.

 

Kamar tidur yang didominasi kayu, mulai dari tempat tidur, kursi, lemari, hingga panel dindingnya semua dalam warna pekat kayu. Namun, ruang tetap nyaman dan dengan imbangan warna cerah pada dinding dan warna coklat pada lantai kayu. Desain yang ringkas dan modern juga membuat kamar tidur menjadi efektif dan tampak semakin lega.

 

  1. Kamar Tidur Gaya Country

Kamar tidur dengan gaya country umumnya masih di pertahankan dan diminati hingga kini oleh sebagian besar masyarakat perkotaan. Kamar tidur dengan desain ini memiliki karakteristik sendiri berbeda dengan desain kamar tidur pada umumnya.

 

Warna netral dan natural akan menjadi warna yang mendominasi dekorasi ruangan. Hal ini berkaitan dengan suasana pedesaan yang segar dan alami. Penggunaan bahan alam seperti kayu menjadi salah satu ciri khas desain kamar bergaya country.

 

Material dari kayu untuk furniturnya dipilih dengan warna terang seperti krem sampai coklat tua layaknya kayu asli. Pilihlah tempat tidur dengan gaya klasik dan kabinet dari kayu untuk menguatkan kesan pedesaan. Kamu bisa juga tambahkan karpet bergaya country agar kesan pedesaannya lebih terasa.

 

  1. Kamar Tidur Gaya Industrial

Industrial sendiri merupakan desain yang fokus pada ekspos struktur bangunan pipa, kayu, langit-langit dan lain sebagainya. Selain menampilkan struktur bangunan secara terbuka, gaya industrial juga identik dengan mengekspos material bangunan seperti menonjolkan semen, batu bata dan kayu.

 

Meskipun setiap material sengaja ditampilkan untuk menunjukkan karakter aslinya, namun ada juga yang memperlihatkan tampilan berbeda. Menggunakan warna cerah yang senada dapat digunakan untuk memberi kesan industrial yang kuat.

 

Gaya industrial cenderung menggunakan warna-warna yang gelap sebagai warna utama. Untuk lantai dasar gaya industrial, warna lantai abu-abu menjadi pilihan terbaik. Pilihlah ranjang rendah dengan dipan kayu. Ranjang rendah menciptakan kesan simpel, rapi, sekaligus hangat dan nyaman. Tambahkan mebel ukir dan ornamen unik sebagai pemanis kamar tidur gaya industrial.

 

× WhatApss